Order Now

Menikmati Obyek Wisata Di Kota Mangga Indramayu,Jawa Barat

tugu mangga indramayu

Indramayu  -  Kabupaten Indramayu yang terletak di sebelah utara Laut Jawa memiliki obyek wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lainnya.

Selain terkenal dengan sebutan Kota Mangga, Indramayu juga memiliki beberapa obyek wisata pantai. Diantaranya Pantai Tirtamaya, Pantai Karangsong, Pantai Glayem, Hutan Mangrove, Pulau Biawak,dan lainnya.

1. Pantai Tirtamaya

 venue-pon-2016-jawa-barat-untuk-cabor-selam-laut-_160906232905-217

Salah satu obyek wisata yang ada di Indramayu yaitu Pantai Tirtamaya. Pantai ini banyak di kunjungi oleh wisatawan,apalagi di musim liburan rame pengunjung.Selain sebagai pemandian laut,pantai ini juga mempunyai pemandangan yang indah terutama saat terbit matahari dan terbenam matahari. Pantai Tirtamaya sangat cocok di kunjungi bersama keluarga. Anda bisa bermain pasir bersama anak-anak sambil melihat matahari terbit atau tenggelam. Ombak di Pantai Tirtamaya ini cukup besar, jadi Anda harus berhati-hati apabila membawa anak kecil.

Di Pantai Tirtamaya terdapat warung-warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, serta oleh-oleh khas Indramayu. harga tiket masuk ke Pantai ini pun cukup murah yaitu Rp. 5.000,-.

2. Pantai Karangsong

karangsong1 karangsong 4

Pantai Karangsong bukan hanya melihat pemandangan laut yang indah tapi juga terdapat hutan bakau yang menghampar luas di pesisir pantainya. Pantai ini memang terkenal dengan pantai nelayan mulai dari pembuatan kapal, mencari ikan, tempat pelelangan ikan hingga tempat berlabuhnya para kapal nelayan untuk meurunkan hasil tangkapan lautnya.

Di kawasan hutan ini, terdapat ribuan pohon Mangrove dari berbagai jenis. Selain pohon Mangrove, terdapat juga jenis pohon lainnya seperti pohon Ketapang yang ikut memadati kawasan hutan. Luas hutan ini kurang lebih 20 hektar. Ada dua cara menikmati wisata hutan bakau di Pantai Karangsong, pertama dengan jalan kaki melewati jembatan kayu. Cara ini lebih murah karena tidak butuh mengeluarkan biaya namun tidak bisa mengelilingi seluruh kawasan. Cara yang kedua adalah dengan menyewa perahu nelayan dan berkeliling hutan dengan berperahu. Untuk menikmati hutan bakau dari perahu, Anda harus membayar Rp. 15.000,-. Tidak mahal mengingat Anda bisa puas berkeliling kawasan hutan mangrove yang cukup luas di pantai tersebut.

 

3. Pulau Biawak

imageeeees

Pulau biawak ini adalah sebuah gugusan pulau yang terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Untuk mencapai pulau ini, para pendatang dan wisatawan bisa menggunakan kapal motor dari Pantai Karangong Indah, Indramayu. Sebelum menuju pulau ini, diwajibkan untuk melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu. Hal ini dikarenakan, perairan di Laut Jawa terkenal dengan gelombang yang cukup berbahaya. Sehingga melalui dinas ini, para pendatang atau wisatawan bisa mendapatkan izin, informasi dan hal-hal yang dibutuhkan untuk menuju Pulau Biawak. Selain itu para wisatawan tidak perlu repot untuk mencari perahu, karena dinas ini juga telah menyiapkan sebuah perahu dengan tujuan Pulau Biawak.Pulau Biawak adalah pulau terpencil yang dikelilingi oleh perairan Laut Jawa.

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur di pulau ini, harus mempersiapkan secara matang fisik dan perbekalan selama liburan.Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu sebenarnya terlah memberikan fasilitas yang cukup lengkap untuk menjadikan pulau ini sebagai tempat tujuan wisata. Selain dermaga, pulau ini juga telah memiliki bungalow untuk para wisatawan, jalan setapak yang telah menggunakan semen dan posko keamanan. Seorang pemandu pun telah disiapkan untuk para wisatawan.Fasilitas-fasilitas tersebut merupakan salah satu perwujudan dari fungsi KKLD Pulau Biawak yaitu fungsi pengembangan ekonomi masyarakat, disamping fungsi konservasi dan fungsi pendidikan serta riset. Fungsi ini berkaitan dengan senua aspek pemanfaatan sumberdaya alam KKLD untuk pemanfaatan tradisional, wisata, pendidikan, budaya dan lainnya yang berkelanjutan (ramah lingkungan). Kegiatannya dapat berupa wisata bahari seperti diving, snorkling, dan lainnya.

 

4. Taman Cimanuk

 taman-cimanuk-indramayu-jawa-barat

Indramayu juga punya taman yang bisa jadi tempat untuk bersantai dan menikmati wisata kuliner Indramayu,yaitu Taman Cimanuk. Taman Cimanuk ini dibangun tepat dipinggiran bantaran Sungai Cimanuk yang melintasi dan bermuara di Kota Indramayu. Lokasi taman ini terdapat Jalan Veteran Indramayu atau tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu.

Selain menabah kecantikan kota, dengan adanya taman ini juga memberikan ruang terbuka hijau yang memang baik untuk digalakkan ditengah issue pemanasan global yang terjadi. Taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini juga dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai, tapi sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan oleh pengunjung.

Tertarik untuk mengunjungi Kota Indramayu? Jika Anda butuh rental kendaraan untuk berkeliling Kota Indramayu, ECA Ekspress Tour & Travel siap mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Dengan fasilitas kendaraan yang lengkap memanjakan Anda selama di perjalanan. Layanan 24 jam selalu siap melayani kebutuhan alat transportasi untuk Anda.

 

 

 

logo eca

ECA EKSPRESS TOUR & TRAVEL
Jalan Raya Dampoe Awang, Perumahan Dampoe Awang Puri Regency
Ruko A2 No.7
Karangampel - Indramayu 45283
Telp. (0234) 7135004
 
 

 

Other News & Article

Semua Post