Order Now

Berkeliling Kota Cirebon Bersama ECA Ekspress

real estate

       Cirebon merupakan salah satu tujuan wisata yang layak untuk dikunjungi. Cirebon juga salah satu kota tua yang mempunyai sejarah dengan nuansa religi, dimana di wilayah Cirebon ini adalah salah satu penyebaran agama Islam di Indonesia oleh para Sunan, diantaranya Sunan Gunung Jati.

      Dengan beragam keistimewaannya, potensi wisata di Kota Cirebon berkembang dengan pesat dan beragam. Mulai dari wisata religi, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kulinernya.

       ECA Ekspress menawarkan wisata di Kota Cirebon, mengunjungi keraton, berbelanja batik Cirebon yang terkenal dengan motif mega mendung serta mencicipi kuliner khas kota yang dijuluki dengan Kota Udang. Diantaranya :

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

      Memasuki kawasan keraton, pengunjung akan disambut dengan interior khas keraton. Bangunan tua yang dicat warna putih berpadu dengan tembok bata dan juga taman yang di penuhi rumput menjadikan suasana keraton menjadi asri. Pada bagian dalam keraton, terdiri dari bangunan utama serta singgasana raja. Ada pendopo yang menjadi ciri khas bangunan keraton. Ada juga bangunan museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah peninggalan keraton.

      Didalam Keraton Kasepuhan ini juga terdapat kereta kencana Singa Barong, yang merupakan kendaraan Sunan Gunung Jati pada masa itu. Singa Barong merupakan perpaduan dari tiga unsur kebudayaan dan agama, yaitu Indonesia, India, dan Tiongkok.

https://travelspromo.com/wp-content/uploads/2019/05/Kerta-Kencana-Singa-Barong-Perpaduan-Budaya-dan-Kekuatan.-Foto-Gmap-Muhammad-Hisyam-e1557475414741-640x400.jpg

                                                                                                                                                          Foto: Gmap/Muhammad Hisyam         

 

2. Gua Sunyaragi

https://1.bp.blogspot.com/-9QxdQSI8NKM/WJE0qMT60AI/AAAAAAAArh8/kqqZCZ9DohQyf92sRRMdzAxoHqAPbMUigCLcB/s1600/GOPR1124.JPG

           Pemandangan bangunan dan kompleks gua dengan gaya arsitektur Hindu, Islam, Cina, dan Eropa ini nampak eksotis dengan material batu karang dari laut selatan.  Gua Sunyaragi merupakan situs dengan nilai sejarah.

Gua ini merupakan peninggalan para sultan Cirebon yang diperkirakan dibangun mulai 1529. Sultan dan anggota kerajaan menggunakan lokasi ini untuk beristirahat, meditasi, juga menggembleng fisik dan mental. Oleh karena itu, kesan sakral bisa dirasakan saat berada di areal gua ini.

https://cdn.tmpo.co/data/2018/02/21/id_685988/685988_720.jpg

                                                                                                                                                            foto : tempo/ Ika Chandra

3. Sentra Batik Trusmi

        Selain wisata religi, Cirebon juga terkenal dengan batiknya. Kawasan sentra batik yang terkenal di Cirebon yaitu Trusmi. Para wisatawan jika berkunjung ke Cirebon tidak lupa mampir ke Trusmi untuk membeli oleh-oleh batik, dengan motif yang terkenal motif Mega Mendung. Singkat cerita, adanya Desa Trusmi ini berawal dari Ki Gede Trusmi sebagai pengikut Sunan Gunung Jati mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan agama Islam. Begitulah warisan leluhur yang dijaga sampai sekarang.

          Di sentra batik Trusmi juga, kita bisa belajar juga membuat batik. Kita juga bisa tahu proses pembuatan batik, mulai dari saat menggambar pola melukis batik dengan malam, pewarnaan, merebus kain untuk melepas lilin, hingga batik dicuci dan dijemur.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2017/02/22/7478338c-b1c9-469a-9fc5-fbce154e7c9e.jpg?w=690&q=90

4. Taman Ade Irma Suryani

          Taman Ade Irma Suryani ternyata sudah ada sejak dahulu kala. Namun sebelum tahun 1966, nama taman wisata ini dikenal dengan Taman Traffic Garden Cirebon. Taman ini merupakan taman rekreasi satu-satunya yang ada di wilayah Cirebon.

Mulai tahun 2014, Taman Ade Irma ini dikembangkan menjadi Cirebon Waterland yang baru selesai dan dibuka kembali pada Tahun 2015 yang lalu. Tempat wisata ini berada di tepi pantai utara Kota Cirebon dengan pemandangan indah lautnya.

https://2.bp.blogspot.com/-G3wYzgS-CB8/V3UDdKOPYLI/AAAAAAAACoc/eaNceaoJMOsqBKIWK0bqluwH92Qn4cWrwCLcB/s320/Cirebon%2BWaterland%2BTaman%2BAde%2BIrma%2BSuryani.jpg

       Cirebon Waterland dilengkapi dengan 40 cottages yang berada di pinggir pantai yang turut menunjang bagi para pengunjung tempat wisata tersebut. Harga sewa cottage disini lumayan mahal, kisaran 1 juta rupiah per malamnya.

        Dengan fasilitas yang cukup lengkap dimilikinya, menjadikan taman rekreasi ini menarik perhatian banyak pengunjung. Diantaranya adalah waterboom, perahu bebek, kolam arus, kolam rennag olimpic, air mancur dan wahana wisata lainnya. Jadi anda tidak akan bosan untuk berlama-lama main air disini.

 

5. Empal Gentong dan Nasi Jamblang

 https://img.okezone.com/content/2017/12/22/298/1834698/menilik-sejarah-empal-gentong-kuliner-legendaris-khas-cirebon-ivtMyT2jac.jpg

                                                                                                                                                         foto : empal gentong khas Cirebon

       Siapa yang tak tergoda dengan salah satu kuliner khas Cirebon yaitu empal gentong. Dengan bahan utama daging sapi dengan kuah yang lezat dan taburan daun kucai menjadikan citarasa makanan ini sangat menggoda lidah. Empal gentong ini disajikan dengan nasi ataupun lontong.

       Selain empal gentong, ada juga kuliner khas Cirebon yang harus dicoba yaitu nasi jamblang. Yang menjadi ciri khas nasi jamblang adalah daun pembungkus nasinya yaitu daun jati. Nasi jamblang ini disajikan dengan lauk seperti tempe goreng, sate telur puyuh, sate kentang, sambal, perkedel, dan menu khas Cirebon lainnya. Kenapa Nasi Jamblang menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya? Dikarenakan tekstur dari daun jati itu sendiri yang tidak mudah sobek. Jika digunakan sebagai pembungkus nasi, maka nasi yang dibungkus di dalamnya tidak mudah basi, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama.

https://ichef.bbci.co.uk/news/660/cpsprodpb/13E30/production/_96765418_img_0152.jpg

                                                                                                                                                          foto : nasi jamblang khas Cirebon

 

      Itulah beberapa tempat wisata religi, wisata belanja, dan wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi seharian ketika berada di Kota Cirebon. Dengan paket City Tour ECA Ekspress, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut. Dengan supir yang ramah, Anda hanya tinggal menikmati jalan-jalan di Kota Cirebon sambil menikmati kuliner dan berbelanja untuk oleh-oleh. Untuk info City Tour ECA Ekspress, Anda bisa menghubungi call center kami yang ada di bawah ini.

      

 

 

 

 

 

ECA EKSPRESS TOUR & TRAVEL

 SAVE_20190709_130229

"MELAYANI DENGAN NURANI"

 

Untuk info, rental/sewa mobil bisa hubungi kami di:

phone-telephone-communication-vector-graphic-10

(0234) 7135004

580b57fcd9996e24bc43c543

081 395 220 977

 

Kantor Pusat :

Jl. Dampuawang No.61 Rt.15 Rw.06 Ds. Karangampel Kec. Karangampel Kab. Indramayu - 45283

 

**

Kantor Perwakilan :

 Majalengka

 Ibu Nurmaya | Jl. Jend. Ahmad Yani Dusun 03 Rt/Rw.04/07, Desa Sutawangi Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka

(Sebelah Barat Koramil Majalengka)

No Hp. 0896 0896 8976

 

Kab. Cirebon :

 Outlet Ar-Rosyid | Jl. Ponpes Kempek RT.04 Rw.04 Ds. Pegagan Kec. Palimanan Kab. Cirebon

Telp / Wa : (0231) 8826880 / 0898 1888 9517

Other News & Article

Semua Post